Archive for November 2013
Soal dan Pembahasan OSK Matematika SMA
Olimpiade Sains Kabupaten alias OSK telahberlalu. Beberapa
daerah bahkan sudah mengumumkan hasilnya dan siapa saja yang akan lolos
mewakili kabupaten/kotanya ke OSP. Oleh karena itu, rasanya sudah etis dan
bolehlah kita membahas soal - soal OSK tersebut.
Bagi rekan - rekan yang memiliki ide
penyelesaian lain jika berkenan silakan share di blog ini. Begitu juga bila ada
pertanyaan atau koreksi silakan masukkan saja memalui kolom komentar. Berikut
soal - soalnya :
1. Banyaknya bilangan
bulat n yang memenuhi
(n−1)(n−3)(n−5)…(n−2013)=n(n+2)(n+4)…(n+2012)
adalah ...
Jawaban : 0 (tidak ada)
Jika n genap maka ruas kanan genap tetapi ruas kiri ganjil. Sedangkan jika n ganjil maka ruas kanan ganjil tetapi ruas kiri genap. Jadi, tidak ada nilai n yang memenuhi.
2. Banyaknya pasangan
bilangan asli berbeda yang selisih kuadratnya 2012 adalah ...
Jawaban : 1
Misal kedua bilangan tersebut adalah a dan b maka a2−b2=2012⇔(a+b)(a−b)=2012. Oleh karena itu, (a+b) dan (a−b) adalah faktor positif dari 2012. Karena faktor positif dari 2012 adalah 1, 2, 4, 503, 1006 dan 2012. Selain itu, karena (a+b) dan (a−b) paritasnya sama maka nilai yang mungkin adalah a+b=1006 dan a−b=2. Sehingga diperoleh, a=504 dan b=502.
Jawaban : 1
Misal kedua bilangan tersebut adalah a dan b maka a2−b2=2012⇔(a+b)(a−b)=2012. Oleh karena itu, (a+b) dan (a−b) adalah faktor positif dari 2012. Karena faktor positif dari 2012 adalah 1, 2, 4, 503, 1006 dan 2012. Selain itu, karena (a+b) dan (a−b) paritasnya sama maka nilai yang mungkin adalah a+b=1006 dan a−b=2. Sehingga diperoleh, a=504 dan b=502.
3. Bilangan terbesar x kurang dari 1000
sehingga terdapat tepat dua bilangan asli n sehingga n2+xn+1 merupakan bilangan asli adalah ...
Jawaban : 960
Perhatikan,
Jawaban : 960
Perhatikan,
n2+xn+1=n−1+x+1n+1
maka agar n2+xn+1 bulat, haruslah n+1 faktor dari x+1. Oleh karena itu, supaya hanya ada tepat dua nilai n maka x+1 harus memiliki tepat 3 faktor. Dengan kata lain x+1 adalah kuadrat suatu bilangan prima. Jadi, diperoleh x+1=312=961 sehingga x=960.
Tag ://Soal
Daftar Seni Kriya di Nusantara beserta gambar
11.
Provinsi Nangro Aceh Darusalam (Rencong)
Salah
satu seni kriya yang terdapat di Provinsi ini adalah Rencong. Rencong (Reuncong) adalah
senjata tradisional dari Aceh. Rencong selain simbol kebesaran para bangsawan,
merupakan lambang keberanian para pejuang dan rakyat Aceh di masa perjuangan.
Keberadaan rencong sebagai simbol keberanian dan kepahlawanan masyarakat Aceh
terlihat bahwa hampir setiap pejuang Aceh, membekali dirinya dengan rencong
sebagai alat pertahanan diri. Namun sekarang, setelah tak lagi lazim digunakan
sebagai alat pertahanan diri, rencong berubah fungsi menjadi barang cinderamata
yang dapat ditemukan hampir di semua toko kerajinan khas Aceh.
22. Provinsi Sumatera Utara
(Piso Gaja Dompak)
Piso gaja dompak
adalah senjata tradisional yang berasal dari Sumatera Utara. Namapiso gaja
dompak diambil dari kata piso yang berarti pisau yang
berfungsi untuk memotong atau menusuk, bentuk runcing dan tajam dan gaja
dompak yang berarti sebutan bagi ukiran bepernampang gajah pada
tangkai senjata tersebut. Senjata merupakan senajta khas suku Batak. Suku
Batak sendiri adalah suku asli yang tinggal di wilayah Sumatera Utara. Nenek
moyang suku batak sendiri diduga berasal dar Austronesia namun tidak diketahui
secara pasti kapan tepatnya orang Austronesia pertama kali menduduki Tapanuli.
Suku batak sendiri terdiri dari beberapa sub etnis seperti batak karo, batak mandailing,
batak simalungun, batak pakpak, batak angkola dan batak toba. Keragaman budaya
batak tentu saja tidak dapat dipisahkan dari hegemoni kerajaan batak yang
berkuasa di tanah sumatera utara selama berabad-abad.
3
Tag ://Kesenian
Makalah Sikap Gigih
BAB
I
PENDAHULUAN
Gigih artinya
keras hati, tetap dan teguh pada pendirian dan pikiran. Dengan demikian orang
yang gigih ialah orang yang berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapai yang
dicita-citakan sampai pada batas kemampuan. Makna lain adalah “teguh hati”
dalam menjalankan serta mempertahankan prinsip baik di bidang agama, pendirian
dan norma hidup, maupun segala hal yang terkait dengan sisi keseharian yang
ditempuh manusia.
Contoh seorang yang gigih adalah Thomas Alfa Edison dalam bereksperimen yang dilakukan secara berulang-ulang, maka ditemukannlah energy listrik.
Setiap kita memiliki cita-cita atau impian, tapi hanya sedikit dari kita yang bisa meraih cita-cita tersebut, karna yang bertindak melakukan atau mewujudkan impian lebih sedikit daripada yang hanya sekedar mengimpikan saja tanpa melakukan apa-apa.
Memang mebayangkan itu tidak salah, malah sangat saya anjurkan anda membayangkan apapun yang anda cita-citakan, karna sesungguhnya jika anda belum bisa [...]
Setiap kita memiliki cita-cita atau impian, tapi hanya sedikit dari kita yang bisa meraih cita-cita tersebut, karna yang bertindak melakukan atau mewujudkan impian lebih sedikit daripada yang hanya sekedar mengimpikan saja tanpa melakukan apa-apa.
Tag ://Makalah
makalah alat-alat laboratorium kimia
Bab 1 Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Prinsip kerja dan fungsi alat – alat
laboratorium harus diketahui mahasiswa kesehatan agar tidak terjadi kesalahan
saat pemakaian alat – alat laboratorium. Selain itu keselamatan dari alat –
alat laboratorium harus diperhatikan agar terjaga kualitasnya. Maka dari itu
alat – alat laboratorium dibagi menjadi 2 kelompok besar, yaitu alat – alat
ringan dan alat – alat berat. Alat ringan biasanya terbuat dari kayu, gelas,
plastik, karet. Sebagian besar alat – alat Laboratorium terbuat dari gelas.
Alat gelas yang digunakan di
laboratorium umumnya merupakan gelas boroksilikat. Gelas ini terbuat dari
kuarsa / silikat oksida berkualitastinggi, boron oksida, aluminium oksida, dan
natrium oksida. Gelas jenis ini mencair pada suhu agak tinggi dan mempunyai
angka mulai yang kecil, oleh karena itu dapat dipanaskan hingga suhu tinggi dan
dapat direndam didalam air dingin atatu es tanpa terjadi keretakan atau pecah.
Selain itu gelas boroksilikat juga tidak bereaksi dengan bahan kimia sehingga
cocok digunakan sebagai alat gela laboratorium. Di dalam perdagangan jenis
gelas ini dikenal dengan berbagai merk seperti : Pyrex, Yena, Vycor, Duran,
Schott, Assistant dan ssebagainya.
1.2 Rumusan Masalah
- Apa fungsi dari alat – alat ringan laboratorium?
- Bagaimana prinsip kerja dari alat – alat ringan laboratorium?
- Bagaimana keselamatan kerja saat menggunakan alat – alat ringan laboratorium?
1.3 Tujuan
- Mengetahui fungsi alat – alat ringan laboratorium.
- Memahami prinsip kerja alat – alat ringan laboratorium.
- Memahami keselamatan alat – alat ringan laboratorium.
Tag ://Makalah
Makalah Upaya Siswa dalam Mengatasi Pemanasan global
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Latar belakang disusunnya makalah ini adalah untuk
memenuhi tugas yang telah diberikan oleh guru pengajar. Makalah ini
membahas tentang Pemanasan global atau global warming. Makalah ini
disusun berdasarkan tentang perbincangan yang sedang hangat dibicarakan oleh
dunia. Pemanasan global belum menemukan titik terang dalam penanggulangannya.
Disini penulis berusaha menerangkan materi yang dibutuhkan sebagai referensi
agar dapat menyempurnakan topik yang akan diperbincangkan.
1.2.
Rumusan Masalah
Dalam penulisan makalah
ini penulis akan membahas tentang salah satu fenomena dunia yang saat ini
mengancam yaitu Pemanasan Glogal. Dalam pembahasannya, penulis akan membahas
banyak tentang :
a.
Pengertian Pemanasan Global
b. Hubungan Pemanasan Global dengan Efek Rumah Kaca
c. Penyebab Pemanasan Global
d. Dampak Pemanasan Global
e. Peran Siswa dalam Upaya Mengatasi
Pemanasan Global
1.3. Tujuan
Tujuan disusunnya makalah
untuk menyelesaikan tugas yang telah diberikan. Selain itu penyusunan ini juga
untuk membuka jendela pengetahuan tentang permasalahan yang ada saat ini
seperti masalah Pemanasan Global yang sudah hampir kita rasakan. Dalam
penulisan makalah ini penulis mengharapkan agar siswa dapat mengetahui
pengertian, hubungan pemansan global dengan efek rumah kaca,
penyebab, dampak dan bagaimana peran siswa dalam upaya
mengatasi pemanasan global. Sehingga kita dapat mengaplikasikannya dalam
kehidupan sehari-hari agar dapat memperlambat terjadinya pemanasan global.
Tag ://Makalah,
Tag ://Pemanasan Global
Makalah Peranan Siswa Dalam Mengatasi Pemanasan Global
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Latar belakang disusunnya makalah ini adalah untuk mengerjakan tugas yang diberikan bapak guru. Susunan
makalah ini berdasarkan tentang perbincangan yang sedang hangat dibicarakan oleh dunia. Pemanasan Global belum menemukan titik terang dalam penanggulangannya.
Disini penulis berusaha menerangkan materi yang dibutuhkan sebagai referensi
agar dapat menyempurnakan topik yang akan diperbincangkan.
1.2.
Rumusan Masalah
Dalam penulisan makalah ini penulis akan membahas tentang Pemanasan Glogal.
Dalam pembahasannya, penulis akan membahas banyak tentang :
a. Pengertian
Pemanasan Global
b. Penyebab Pemanasan Global
c. Dampak Pemanasan Global
d. Peran Siswa dalam Upaya Mengatasi Pemanasan Global
1.3. Tujuan
Tujuan disusunnya makalah untuk menyelesaikan tugas yang
telah diberikan. Selain itu penyusunan ini juga untuk menambah ilmu tentang Pemanasan Global. Dalam penulisan makalah ini penulis mengharapkan agar siswa dapat
mengetahui pengertian, penyabab, dampak dan
peran siswa dalam upaya mengatasi pemanasan global. Penulis juga mengharapkan
agar kita dapat melakukan pencegahan terhadap pemanasan global untuk kehidupan
yang akan datang.
Tag ://Makalah,
Tag ://Pemanasan Global