Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
 



Teknologi yang dikembangkan dalam microsft sudah banyak sekali. Teknologi yang paling terkenalnya yaitu Sistem Operasi Windows dan Microsoft Officenya. Tapi bukan Cuma itu saja, Microsoft juga mengembangkan Visual Studio sebagai wadah pengembangan aplikasi untuk para developer.

Visual Studio memiliki banyak fungsi, salah satunya yaitu pembuatan aplikasi berbasis mobile pada Windows Phone, Android dan Ios. Pembutan ini menggunakan Xamarin yang ada pada Visual Studio, dimana xamarin ini dapat membuat berbagai aplikasi berbasis mobile.

Selain menyediakan Visual Studio, Microsoft  juga menyediakan tempat belajar berbasis online yang bias diakses oleh umum yang ingin mempelajari tentang teknologi Microsoft ini. Beberapa tempat belajar untuk mempelajari teknologi Microft yaitu Microsoft Virtual Academi (MVA), Dicoding dan Channel 9.




A.      Microsoft Virtual Academy

Dalam website ini, Microsoft mengajarkan banyak hal yang berkaitan dengan semua teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft. Disini akan diberikan materi-materi beserta penjelasan secara langsung melalui video dan beberapa diantaranya ada diberikan soal-soal untuk dijawab. Disini juga bisa mendapatkan sertifikat secara langsung jika menyelesaikan salah satu kursusnya. Berikut ini contoh sertifikat yang pernah saya dapatkan.







Bukan cuma itu saja, ada juga kursus untuk belajar Xamarin. Karena saya masih pemula, jadi saya mengikuti kursus untuk pemula. Berikut ini yang akan kita pelajari pada kursus tersebut.

1          1.      Introducing Xamarin

2.      Installing Xamarin

3.      Exploring a Xamarin project

4.      Using emulators

5.      Debugging

6.      Deployment


Setiap materi disiapkan video beserta materinya agar lebih mudah dimengerti. Disini diajarkan mulai dari perkenalan hingga penyebarannya. Sebagai pemula ini merupakan yang harus diketahui terlebih dahulu. Untuk mengikuti Kurus ini sialahkan kunjungi link berikut:


Sebelum mengikuti Kurus, anda harus login terlebih dahulu pada akun Microsoft anda. Berikut tampilan jika mengikuti kursus.












B.      Dicoding

Pada decoding ini lumayan mirip dengan MVA, tapi disini kita akan diberikan materi-materi beserta source code yang bisa kita gunakan untuk dipelajari secara langsung. Selain materi, disini juga diberikan tugas setelah pemberian materi dan untuk akhirnya menyelesaikan tugas akhir. 

Salah satu kelas yang saya ikuti yaitu “Belajar Membangun Aplikasi Multi-platform”. Disini diajarkan dasar pembuatan aplikasi di Xamarin. Berbeda dengan di MVA tadi yang di ajarkan cara penggunaan Xamarin ini. Tapi disini disiapkan 7 modul untuk dipelajari. Berikut modul-modul yang diberikan:

1.      Pengenalan Xamarin Form dan Visual Studio IDE
Disini dijelaskan tentang Xamarin, dimana Xamarin adalah platform pengembangan aplikasi mobile dari Microsoft. Dengan Xamarin anda dapat membuat aplikasi mobile cross platform pada perangkat Android, IOS, Windows 10, Windows 8.1, dan Windows Phone. Pada modul ini menjelaskan penginstalan hingga menjalankan aplikasinya.

2.      UI (User Interface) pada Xamarin Forms
Pada modul ini menjelaskan pembuatan tampilan pada Xamarin. Untuk membuat komponen UI di Xamarin Forms digunakan bahasa XAML (eXtensible Application Markup Language).

3.      Menampilkan Data Pada ListView
Pada modul ini menjelaskan kontrol ListView pada Xamarin Form. ListView adalah salah satu kontrol yang banyak digunakan untuk menampilkan data pada layar ponsel yang memiliki keterbatasan ukuran. Untuk menampilkan data dari sumber data kedalam view/kontrol maka digunakan mekanisme data binding.  

4.      Navigasi
Pada modul ini akan dibahas bagaimana cara membuat navigasi antar halaman pada aplikasi Xamarin Forms. Navigasi digunakan untuk memudahkan pengguna untuk berpindah antar halaman. Selain itu pada modul ini juga akan dibahas bagaimana cara untuk mengirimkan parameter antar halaman dan membuat berbagai macam model navigasi seperti menu, tabs, dan master pages. 

5.      SQL Lite dan REST Services
Pada modul ini akan dibahas bagaimana bekerja dengan media penyimpanan lokal berupa database yaitu SQL Lite untuk menyimpan persistance data pada perangkat Android. Modul ini juga akan membahas bagaimana cara untuk bekerja dengan REST Services pada aplikasi backend.

6.      (Opsional) Bekerja dengan IOS dan Universal Windows Apps
Pada modul ini akan ditunjukan bagaimana cara menjalankan aplikasi Xamarin Forms anda pada platform IOS dan Windows 10 (Universal Windows Platform).

7.      Menambahkan layanan Azure Mobile App
Pada Modul ini menjelaskan pembuatan database pada Azure yang bias disambungkan pada Mobile App yang akan dibuat. Dengan menggunakan layanan Azure Mobile App maka pengembang aplikasi mobile tidak perlu membuat sendiri backend services secara manual. Azure Mobile App menyediakan berbagai fitur yang memudahkan pengembang aplikasi mobile untuk bekerja dengan data menggunakan Easy Table, Autentikasi, Push Services, dan juga kemampuan sinkronisasi secara offline (offline data sysnc). 

Pada kelas ini saya telah menyelesaikan modul-modul tersebut. Dan jika sudah menyelesaikannya akan tampil seperti berikut:





Untuk mengikuti kelas yang ada pada Dicoding ini, terlebih dahulu harus mendaftar. Jika ingin mengikuti kelas ini, silahkan kunjungi link berikut:




C.      Channel 9

Pada Channel 9 ini saya menyaksikan video Introduction OPREC MSP dan tutorial pengenalan Membangun Aplikasi Multiplatform. Pada video ini menjelaskan pembuatan Mobile App pada Xamarin secara langsung yang dibawakan oleh kak Alvin dan Kak Kelvin. Isi dari materi ini kurang lebih sama dengan yang ada pada Dicoding modul 7, hanya untuk disini diperjelas lagi agar lebih mudah dimengerti.

Pertama-tama kak Alvin menjelaskan tentang bagaimana membuat Mobile App Quickstart pada Microsoft Azure. Pada Mobile App Quickstart ini kita dapat melakukan banyak hal untuk menghubungkan ke Mobile App yang dibuat. Salah satunya yaitu Membuat table untuk database pada Mobile App.

Selanjutnya kak Kelvin menjelaskan tentang Mobile App beserta bagaimana menyambungkannya dengan Microsoft Azure. Disini juga menjelaskan tentang kodingan-kodingan yang digunakan sehingga setiap kodingannya lebih mudah dipahami.















Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments